Epitel Bukan Berasal Dari Endoderm

Epitel Yang Bukan Berasal Dari Endoderm Adalah

Endoderm adalah bagian terdalam dari tiga lapisan kuman utama pada embrio awal. Dua lapisan lainnya adalah ektoderm (lapisan luar) dan mesoderm (lapisan tengah), dengan endoderm sebagai lapisan terdalam. Sel bermigrasi ke dalam sepanjang archenterons membentuk lapisan dalam gastrula, yang berkembang menjadi endoderm. Endoderm awalnya terdiri dari sel-sel pipih yang kemudian menjadi kolumnar. Membentuk epitel dari banyak sistem.

Dalam biologi tumbuhan, endoderm berhubungan dengan bagian paling dalam dari korteks (korteks) pada pucuk muda dan akar muda, yang seringkali terdiri dari satu lapisan sel. Seiring bertambahnya usia tanaman, sebagian besar endoderm menjadi lignifikasi.

Sementara lapisan endoderm merupakan lapisan terakhir tempat di mana paru-paru, usus, hati, dan pankreas akan terbentuk. Pada usia ini, plasenta dan tali pusat sudah mulai berfungsi untuk mengantarkan oksigen dan nutrisi penting dari tubuh Ibu ke janin.

Jawaban

Epitel yang bukan berasal/berasal dari endoderm misalnya epidermis kulit dan epitel pleura, pericardium, peritorium. Sedangkan epitel dalam/berasal dari endoderm adalah epitel sistem pencernaan.

Penjelasan

Epitel merupakan jaringan yang terdapat pada bagian luar organ. Fungsi epitel adalah sebagai berikut:

  • melindungi organ tubuh dari kerusakan dan kehilangan cairan
  • pertukaran metabolit (absorpsi, ekskresi, sekresi)
  • alat indra (epitel sensorik)

 

Epitel berasal dari tiga lapisan, yakni endoderm, mesoderm, dan ektoderm.