Rekomendasi Lem Kayu Terbaik

Rekomendasi Lem Kayu Terbaik–Penggunaan lem sangat diperlukan untuk menjalankan usaha mebel atau kegiatan rumah tangga. Selain itu, perekat ini banyak dibutuhkan untuk membuat alat-alat kerajinan yang kini banyak tersedia di perusahaan.

Ini tidak hanya digunakan untuk membuat barang baru, tetapi juga banyak digunakan untuk memperbaiki barang yang rusak. Tujuannya, tentu saja, adalah untuk merekatkan 2 objek terpisah menjadi satu. Misalnya, barang-barang rumah tangga yang rentan pecah, seperti kaca, memiliki perekat multifungsi yang bisa memperbaikinya. Jadi tidak perlu dibuang, tapi bisa diperbaiki.

Harap dicatat bahwa lem dapat digunakan tidak hanya untuk merekatkan kayu, tetapi juga untuk membuat barang-barang plastik dan besi-keramik. Itulah mengapa ada lem yang disebut lem multifungsi. Juga ada 2 jenis lem ini, ada yang tahan air dan ada yang tidak. Jadi, untuk outdoor atau sesuatu yang terkena air, pilihlah perekat yang tahan air.

Mengingat banyaknya permintaan perumahan akan perekat ini, perekat ini juga telah banyak dipasarkan untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Inilah sebabnya tak sedikit yang bingung saat ingin membeli lem. Untuk itu, jika Anda ingin membeli lem ini, Anda memerlukan beberapa tips untuk membantu Anda mendapatkan lem yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Cara Memilih Lem Kayu yang Bagus

Berbagai macam produk telah diperkenalkan ke pasar, dan untuk memilih perekat yang tepat, kita perlu mendapatkan produk yang tepat untuk kebutuhan Anda. Bagaimana cara memilih? Lihat ikhtisar di bawah ini.

1. Kenalii Jenis-Jenis Lem dan Pastikan untuk membeli Sesuai Dengan Kebutuhan

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan saat membeli lem adalah memperhatikan jenis lem dan pastikan Anda membeli lem yang tepat untuk kebutuhan Anda.

Jenis-Jenis Lem Kayu

a.  PVA – PVA biasa digunakan untuk merekatkan kayu, kertas, Coraltex dan bahan lainnya ke plester. Lem kertas ini sering disebut juga dengan lem putih atau lem kuning yang bisa dibersihkan dengan air. Meski bisa dibersihkan dengan air, ada juga perekat PVA versi tahan air.

b. Epoxy – Jenis perekat epoksi ini merupakan jenis perekat kayu tahan panas. Karena itulah lem ini cocok untuk merekatkan benda-benda besi, tembaga dan keramik. Perekat ini mengandung resin dan pati, sehingga bahan keramik pun dapat merekat bersama dengan perekat ini. Harap dicatat bahwa stiker ini tahan terhadap air dan bahan kimia. Oleh karena itu, perekat ini banyak digunakan dalam industri furnitur Jepang.

c. Polyurethane – Cocok untuk penggunaan di dalam dan luar ruangan, jenis perekat poliuretan ini juga merupakan salah satu pilihan ikatan yang paling kuat. Untuk menggunakannya, benda yang akan direkatkan terlebih dahulu harus dibasahi dengan kain lembab baru kemudian bisa dioleskan lem. Tunggu 24 jam, benda itu terpaku sempurna.

d. Hide glue – Perekat jenis ini terbuat dari bahan organik yaitu kulit binatang. Untuk konsistensi, perekat ini hadir dalam bentuk cair dan padat. Untuk mendapatkan kekentalan yang kental, terlebih dahulu harus dilelehkan dengan cara dipanaskan dan kemudian bisa digunakan lem. Gunakan kuas untuk mengaplikasikan. Tahukah Anda bahwa lem jenis kulit ini mirip dengan lem PVA? Bedanya, jenis perekat kulit ini tidak mempengaruhi hasil akhir. Perlu juga dicatat bahwa lem jenis ini masih jarang ditemukan di Indonesia.

e. Cyanoacrylate glue – Yang kelima adalah perekat cyanoacrylate. Jenis lem ini sangat mudah mengering dan mengeras. Jadi sangat dibutuhkan kehati-hatian dalam menggunakannya. Untuk melepaskan kedua benda yang direkatkan ini, Anda memerlukan palu agar lebih mudah dilepas.

2. Pilih Kemasan yang Paling Sesuai Dengan Kebutuhan

Langkah selanjutnya adalah memilih ukuran paket yang dibutuhkan. Jika Anda hanya ingin menggunakannya untuk beberapa hal, Anda mungkin ingin memilih ukuran yang kecil agar yang lain tidak terbuang percuma. Hal ini dikarenakan lem cair banyak yang membeku jika disimpan dalam waktu lama dan tidak digunakan.

Ini karena lem beku adalah pilihan, dan jika ingin menggunakan pelarut, itu harus pelarut atau bisa dipanaskan terlebih dahulu. Namun, tidak semua orang menyukai tipe ini. Banyak yang lebih suka yang sudah jadi tanpa harus membeli pelarut lain. Jadi, jika Anda ingin mengoleskan lem pada banyak hal, sebaiknya pilih ukuran yang besar agar lebih hemat harganya.

3.  Lem Kayu Mulitifungsi untuk Beragam Kebutuhan

Ketiga adalah ketika perlu merekatkan objek yang berbeda. Anda dapat memilih perekat multifungsi. Dengan begitu, Anda tidak perlu membeli jenis lem yang akan digunakan satu per satu. Ada banyak perekat serbaguna yang tersedia saat ini yang dapat digunakan untuk barang-barang lain seperti besi atau keramik.

Perhatikan hanya fungsi stiker pada setiap kemasan. Juga, perawatan harus dilakukan untuk menentukan apakah stiker itu tahan air atau tidak. Seperti yang telah dijelaskan di atas, untuk benda yang terkena air, pilihlah perekat yang tahan air agar benda tersebut tetap menempel meski terkena air.

Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda gunakan saat membeli stiker untuk menemukan stiker yang tepat untuk kebutuhan Anda. Jadi dengan tips ini, Anda tidak akan bingung lagi untuk membeli lem. Selain itu, masih belum lengkap bahwa produk yang direkomendasikan oleh stiker tersebut belum dihadirkan. Yuk, siapa saja yang ingin mengetahui produk rekomendasi ini tidak akan melewatkan ulasan berikut.

Rekomendasi Lem Kayu Terbaik

Anda sudah tahu cara memilih lem perekat terbaik, kini saatnya menghadirkan produk terbaik. Ingin tahu merek mana yang merupakan perekat terbaik? Lihat ulasan di bawah ini.

1. Crona 222 WRG

 lem kayu terbaik
lem kayu terbaik

Pertama, ada stiker Crona 222 WRG terbaik. Perekat merk crona ini sudah terkenal diantara produk perekat ternama. Perekat seri Kona 222 ERG dengan banyak seri telah dirancang khusus untuk memenuhi berbagai kebutuhan. Perekat ini dapat digunakan untuk laminasi, pelapisan, penyambungan.

Anda tidak perlu lagi khawatir dengan kualitas, karena perekat ini memiliki daya rekat yang sangat kuat dan tahan lama. Perekat ini juga bisa digunakan untuk furnitur outdoor tahan air. Untuk harga, lem ukir ini tersedia dengan harga yang terjangkau.

2. FOX Lem Putih PVAc

Selanjutnya adalah perekat terbaik dari FOX White Glue PVAc. Siapa yang tidak kenal dengan merk lem fox yang satu ini. Ini adalah lem yang sangat populer di kalangan sekolah saat belajar kerajinan tangan. Lem fox adalah lem paling ringan yang bisa digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Bentuk dan teksturnya ringan dan aman, sehingga Anda bisa mengoleskan lem tanpa alat atau aksesoris lainnya. Lem ini bisa digunakan untuk merekatkan kertas, kayu, rotan atau barang sejenis. Anda dapat menyesuaikannya dalam paket yang berbeda.

3. UHU SUPER WOOD WATER RESISTANT

 lem kayu terbaik
lem kayu terbaik

adalah UHU SUPER WOOD WATER RESISTANT. Stiker uhu dengan banyak variasi seri dapat digunakan untuk barang-barang indoor maupun outdoor. Sesuai dengan namanya, lem ini benar-benar memberi Anda kekuatan super untuk menyatukan semuanya.

Dengan lem ini, semua kayu bisa direkatkan, keras dan lunak. Menjadi salah satu perekat yang paling tahan air, perekat ini tidak memerlukan pelarut lagi saat digunakan. Alhasil, lem ini memberikan hasil yang transparan, sehingga tidak mengurangi nilai estetika kayu yang direkatkan.

4.  Presto WRG 600

Kemudian muncul lem terbaik dari Lem Presto WRG 600. Perekat presto ini merupakan perekat tahan air yang dibuat dengan teknologi khusus. Oleh karena itu, perekat ini dapat digunakan untuk berbagai keperluan.

Perekat ini juga dapat digunakan untuk ikatan, penebalan, perakitan dan pelapisan. Perekat ini juga cepat kering. Hanya dalam 10-15 menit, daya rekat perekat ini meningkat secara signifikan.

5. Polychemie Presto DN Lem Kayu Alifatik

Produk perekat terbaik berikutnya adalah lem kayu alifatik Polichemie Presto DN. Apakah Anda mencari lem seperti kayu berwarna? Perekat alifatik ini adalah salah satu rekomendasi untuk Anda. Dia tahu lem ini akan memberikan permukaan yang menyerupai warna kayu.

Dengan cara ini nilai estetika kayu tidak berkurang karena adanya lem. Penggunaan lem ini juga sangat cepat, tidak perlu menunggu lama, barang yang direkatkan menyatu dalam waktu 10-15 menit. Karena daya tahannya, perekat ini menempel kuat pada dua benda dan tidak mudah terkelupas.

Dan jangan lupa bahwa lem ini tahan panas dan pelarut, jadi dijamin merekat dengan sangat baik. Tidak hanya perekat ini yang dijamin aman karena bebas dari bahan berbahaya seperti formaldehida.